ANCAMAN ADALAH TANTANGAN

Posted by cupskadek.blogspot.com | Posted in | Posted on 02.53

Tulisan yang begitu gagah terpampang di bawah sampul belakang bungkus rokok ini memiliki banyak arti. Tujuannya sih emang gak jauh, cuman ngingetin perokok buat gak ngerokok, karena begitu banyaknya penyakit yang bisa masuk lewat rokok. Kalo gitu, ngapain juga para produsen rokok mesti memproduksi rokok, kalo toh ternyata mereka juga ngasih tahu kita untuk tidak merokok. Harusnya, dengan kita tahu adanya ancaman dibalik merokok, membuat kita berhenti merokok. Bahkan bagi yang belum pernah merokok, bisa jadi acuan untuk tidak coba-coba merasakan rokok.

“Aneh?”, itulah teka-teki pertama yang muncul begitu kulihat tulisan itu. Apa sih ngaruhnya buat perokok yang udah kecanduan, yang belum pernah ngerokok, dan yang baru aja terjun ke dunia rokok? Pertanyaan paling natural, yang seharusnya bisa menyelesaikan teka-teki ini. Yah kita mulai saja dengan membahasnya satu persatu.



Gak sedikit para pecandu rokok yang menjawab pertanyaan itu dengan jawaban, “Sama sekali gak ada ngaruhnya.” Bahkan sebagian teman saya yang udah nyandu banget, dengan sedikit nyeleneh bilang, “Ah, nu kitu mah ngan nyingsieunan hungkul, buktina urang sehat-sehat keneh yeuh ngarokok geus tujuh taun lilana.”(Ah, yang kaya gitu tuh, cuman nakut-nakutin doang, buktinya aku sehat-sehat aja nih selama tujuh tahun ngerokok). Kata-kata yang terlontar, seolah-olah menunjukkan kalo ancaman yang dikeluarkan oleh setiap produsen rokok itu hanya “kata-kata sampah”. Loh, kok bisa? Mari kita bahas.

Mereka(produsen rokok)sebenarnya udah tahu pasti, kalo ancaman itu gak akan berpengaruh sama sekali buat para perokok. Secara, orang yang udah kecanduan, bakal sulit banget ngelepasin efek TAR yang bikin orang kecanduan. Sekalipun kita peduli terhadap ancaman itu, palingan kita juga bakal ngurangin, bukan untuk berhenti. Dan dalam usaha kita mengurangi pemakaian rokok itu sendiri, pendapatan mereka nggak terlalu jauh berkurang. Kalo kita nyadar, kemungkinan kita buat nyandu lagi jauh lebih gede daripada buat berhenti. Itu makanya, mereka cuman jadiin ancaman itu sebagai pemanis di balik bungkus rokok itu sendiri, toh pada akhirnya kita gak akan peduli. Itulah alasan mengapa aku sebut ancaman itu sebagi kata-kata sampah.

Kita alihkan pertanyaan dasar yang di atas tadi, buat yang belum pernah ngerokok. Menurut temen-temenku yang sama sekali belm pernah ngerokok, gak kepikiran tuh buat baca ancaman itu, karena mereka dari awal juga udah punya tekad kuat buat gak ngerokok. Tapi ada satu jawaban yang paling menarik, ketika kutunjukkan ancaman itu ke temanku yang emang anti banget ama yang namanya rokok. ”Lah, naon iye teh? Rek aya, rek eweuh , anggeur urang mah moal ngarokok saacan gawe mah, teu menang ceuk kolot, lainna teu hayang.”(lah, apaan nih?mau ada, mau kagak, tetep gak bakal bikin aku ngerokok sebelum kerja, gak boleh ama ortu, bukannya gak pengen).

Dari jawaban itu, aku berasumsi, kalo dasar dari mereka gak merokok tuh, bukan karena ancaman itu, tapi lebih kepada ancaman dari ortu mereka. Kemungkinan buat masuk dunia rokok pun sangat terbuka, mengingat mereka gak takut tuh ama ancaman itu. Jadi, aku fikir sih, ancaman ini juga gak terlalu ngaruh buat mereka yang belum pernah ngerokok.

Kita alihkan lagi pertanyaan tersebut buat yang baru-baru aja terjun ke dunia rokok. Menurut mereka, ancaman ini, justru memotivasi mereka untuk semakin giat merokok. Kita tengok jawaban dari salah satu temenku yang baru aja 2 minggu ini nyobain rokok. “Cing kadieu, bener teu iye teh, bisa ngakibatkeun impoten, buktina urang lancar-lancar keneh ah, tiap isuk si joni masih bisa hudang”(coba kesini, bener gak sih ini bisa mengakibatkan impoten, buktinya saya masih lancer-lancar, tiap pagi si joni (sebutan untuk penisnya)masih bisa bangun). Berangkat dari jawaban itu, aku kembali berasumsi bahwa, mereka terlihattermotivasi untuk membuktikan kebenaran ancaman itu. Yah sebenarnya, alasan awal mengapa dulu aku juga pengen nyoba-nyoba ngerokok, salah satunya adalah untuk membuktikan kebenaran ancaman itu. Jadi, aku fikir ancaman ini justru jadi tantangan untuk perokok di kelas ini. Dan dari jawaban yang mereka kemukakan, ancaman itu sama sekali gak berpengaruh.

Sobat blogger peserta Djarum Black Blog Competition vol.2, semua ini kembali pada keyakinan dan tekad kita. Satu hal yang ingin saya sampaikan adalah, apapun bentuknya, ancaman seharusnya tidak menghalangi kita untuk menggapai apa yang ingin kita capai. Tapi aku tetep ga nyaranin buat ngerokok loh. Ngerokok atau nggak, itu adalah pilihan.

Comments (0)

Posting Komentar

Find Your Future Here