TENGKORAK AJA NGEROKOK

Posted by cupskadek.blogspot.com | Posted in , | Posted on 05.01


Sebagai anak yang baik, sudah semestinya lah kita menuruti keinginan orang tua. Tapi gak rame rasanya kalo kita terus aja nurut ama ortu. Kadang-kadang gue juga butuh kebebasan dong, gue kan udah gede. Nah itulah yang terfikir di otak gue, pas gue ketahuan ngerokok ama ortu gue. Untungnya gak gue omongin tuh kata-kata di atas di hadapan ortu gue, kalo enggak, dah pasti kena damprat si babeh tuh.

Gak tahu kenapa, gue ngerasa seyakin-yakinnya kalo hal itu bukan cuman gue aja yang ngalamin. Pasti banyak orang disana yang ngalamin hal yang serupa tapi tak sama, khususnya anak SMP, SMA yang masih dilarang ngerokok ama ortu mereka. Maklum lah, pemikiran kita di umuran SMP, SMA masih ngegedein egois. Yang ada dalam otak cuman ”kumaha aing weh”(gimana kita aja), gak pernah kita mikir perasaan ortu, waktu tahu anaknya gak bisa jadi yang mereka mau. Pertanyaanya, emang salah kalo kita pengen lebih bebas mengekspresikan siapa diri kita?

Nah, ini dia tempat curhat gue ama aturan-aturan ortu, termasuk ngelarang gue ngerokok. Buat yang punya pengalaman yang serupa tapi tak sama, bisa di share disini juga, bisa lewat comment atau enggak lewat pesan di buku tamu. Dan jangan lupa juga buat vote blog ini di DJarum Black Blog Competition vol.2, ok! Ini dia jawaban dari pertanyaan di atas…


Terkadang, hal-hal yang kita anggap baik, belum tentu dianggap baik juga ama orang tua kita. Ambillah contoh ngerokok. Buat gua sih, ok-ok aja selama kita masih bisa ngebatesin penggunaan rokok. Toh tujuan gue ngerokok buat ngilangin stress juga kan. Selain itu, rokok juga bikin gue lebih rajin ngerjain tugas. Apalagi kerjaan gue sehari-hari ngerjain tugas yang tiap harinya gak pernah lelah berkunjung. Belum lagi masalah ama si doi, yang pengennya ketemuaaaaan mulu. Kadang mah, gak abis pikir, ko bisa sih ngajak ketemuan, pas tugas lagi numpuk banget. Bawaannya pasti pengen marah terus tuh kalo keadaanya udah kayak barusan. Fikiran ke bagi dua antara kuliah ama pacaran, hati juga gak damai, keruh banget pokonya nih suasana hati. Nah, rokok inilah yang bikin semuanya jadi lebih baik. Tapi itu kan menurut gue, kata ortu gimana?

Ortu tuh tahunya hidup kita aman-aman aja. Gak tahu kalo sebenarnya pikiran kita lagi sumpek banget. Ortu mana tahu kalo tugas kita bukan cuma ngedengerin dosen, trus balik. Kenyataanya, tugas semrawutan dimana-mana. Ortu juga tahunya, perokok tuh punya image buruk. Malah kata ibu gue, “nu ngarokok mah preman, ari didinya daek di sebut preman?”(yang ngerokok tuh preman, emang kamu mau disebut preman?). Trus, mereka cuman tahu kalo ngerokok tuh ngerusak kesehatan, terutama pernafasan. Meskipun bener, tapi gak sepenuhnya apa yang mereka katakan itu bener. Buat gue, rokok malah bikin gue lebih enjoy ngerjain tugas, meskipun kadang-kadang batuk juga ngikut-ngikut dikit. Tapi yang namanya ortu kadang keras kepala, gak pernah mau dengerin alasan kita, bener ga?

Jadi siapa dong yang salah?

Menurut gue, apa yang ortu bilang tuh semata-mata buat kebaikan kita juga. Jadi kita gak berhak dong menghakimi pernyataan dan larangan mereka supaya kita gak ngerokok itu salah. Toh alasan mereka juga logis ko. Tapi di balik larangan mereka, ada satu makna yang paling indah yang gue dapetin setelah gue cerna lebih lanjut. Ternyata mereka masih sayang ama gue. Beruntungnya punya ortu yang sayang ama anaknya. Pengen tahu alasannya? Gue kasih gratis nih…hehehe

Udah bukan rahasia umum lagi deh, kalo sekarang banyak banget remaja yang pada stress gara-gara kurangnya perhatian yang dikasih ama ortunya sendiri. Sekalipun kaya, kita gak kan pernah bahagia, kalo ternyata orang-orang si samping kita tidak terlalu peduli ama kita. Nah mendingan gue, sekalipun babeh galaknya gak ada yang nandingin, plus ibu yang cerewetnya melebihi sekumpulan monyet yang lagi “ngegulung” satu pisang, tapi gue amat sangat bersyukur, karena ortu gue masih perhatian ama hidup gue. Thanks mom, Thanks dad.

Kembali ke topik. Jadi salah dong kita ngerokok tuh, kalo diliat alasan di atas?
Masih menurut gue, gak salah juga kok. Toh alesan kita juga masih logis kan. Gak ada yang salah dalam kasus ini. Masing-masing dari kita punya argument yang kuat ko tentang baik buruknya ngerokok. Bolehlah ortu bilang ngerokok tuh buruk, tapi kalo kita rasa rokok bisa lebih memajukan diri kita, kenapa juga kita gak boleh bilang, ngerokok itu baik.

So, apa dong solusinya?

Berikan mereka kebanggaan dari hal lain yang mereka anggap positif. Biasanya ortu gak muluk-muluk sih mintanya, mereka minta kita agar tetep taat beribadah kepada Tuhan YME. Atau mungkin, paling banter juga, mereka minta kita agar menjadi anak yang pintar dan berguna bagi masyarakat, gak nyusahin orang tua dan menjaga harga diri. Nah disitulah kesempatan kita buat buktiin kepada mereka kalo kita juga masih bisa bertndak seperti yang mereka mau.

Tapi kalo kata gue sih ada hal yang lebih baik lagi. Berikan mereka kebanggan dengan prestasi loe, tentunya prestasi yang baik dong. Maksudnya, buktiin ke mereka kalo kita tetep bisa berprestasi, walaupun kita seorang perokok. Sampai suatu saat nanti, ortu lu juga bakal ngasih lampu hijau buat ngerokok.

So, ayo kita buktikan dengan prestasi, sampai suatu saat nanti kita bisa bilang ama ortu kita . . .
“Ngerokok, gak melulu berdampak negatif, positifnya juga banyak ko”
“Tengkorak aja ngerokok, masa kita gak boleh sih”

Pas lu ngomong kaya gitu, alangkah baiknya lu tunjukin juga tuh image di atas, biar suasana juga terasa lebih have fun, ok! Selamat mencoba dan buktikan sendiri !

Comments (0)

Posting Komentar

Find Your Future Here