MENANTI REAKSI PEMERINTAH TERHADAP INOVASI ANAK BANGSA

Posted by cupskadek.blogspot.com | Posted in | Posted on 08.40

Melihat Animo peserta Black Innovation Awards 2009, tak ada salahnya kalo saya simpulkan bahwa inovasi tak pernah mati. Seperti diberitakan ANTARA News, bahwa setidaknya ada 1.400 inovasi yang terdaftar dan itu harus disaring menjadi 50 semi finalis, 25 finalis dan kemudian dipilih tiga terbaik. Bukankah itu suatu prestasi yang membanggakan. Paling tidak kerja keras masyrakat untuk menciptakan sebuah inovasi layak untuk mendapatkan apresiasi lebih.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa inovasi yang diciptakan para peserta pun sangat imajinatif. Banyak konsep-konsep yang sederhana yang tidak terfikirkan oleh banyak orang, dan hasilnya pun luar biasa. Kita lihat karya para juara dan apa yang dapat anda katakan tentang inovasi mereka.

Nama pertama adalah karya Arif Kurianto sang inovator Blind Gaple. Alat ini sendiri merupakan satu bentuk permainan gaple unik yang dirancang bagi para tuna netra lewat permukaan kartu yang tidak rata. Dengan blind gaple, para tuna netra dapat saling bermain gaple tidak hanya dengan sesama tuna netra tapi juga bisa dilakukan dengan orang normal.


Contoh lainnya adalah Bagcamp karya Muhammad Rois Abidin. Karyanya layak jadi juara mengingat tas hasil kreasi idenya bisa dibuat menyatu antara tas punggung keren dengan tenda di dalamnya.
Dan masih banyak inovasi lainnya, yang bisa kita lihat selengkapnya di www.blackinnovationawards.com
Sungguh di luar dugaan jika kita melihat lebih dekat kondisi bangsa saat ini yang tengah terpuruk dengan masalah dari dalam maupun dari luar. Sepatutnya kita bangga, karna masih ada orang-orang yang mampu menciptakan inovasi. Lantas, haruskah kita berpuas diri dengan prestasi ini?
Tidak, masih banyak permasalahan bangsa yang harus siap kita hadapi. Terlebih memasuki era globalisasi, begitu banyak alat dan produk dari luar yang menyerbu negeri ini. Disinilah peran kita sebagai anak bangsa untuk menciptakan inovasi yang lebih dari ini dibutuhkan. Tak usah ragu, karna kita memang mampu menghadapi masalah ini. Dan yakinlah bahwa kita mampu bersaing dengan inovasi yang diciptakan masyarakat luar sana.
Tak usah kita pertanyakan lagi apa yang membuat kita seharusnya yakin. Bukti-bukti di atas sudah menunjukkan semua, bahwa kreatifitas anak bangsa memang tak pernah mati. Selalu ada inovasi untuk membuat segalanya jauh lebih mudah. Tapi mengapa bangsa kita terlihat seakan-akan tak pernah berkembang?
Pertanyaan tersebut memanglah sederhana, tapi jawaban yang dihasilkan pastilah lebih rumit dari soal-soal SPMB matematika dan fisika. Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus melihat reaksi pemerintah mengenai kegiatan-kegiatan seperti ini.
Dukungan dari pemerintah akan membuat si penghasil inovasi merasa diperhatikan dan itu akan membuatnya berfikir untuk melakukan hal yang lebih baik dari apa yang telah dilakukannya kini. Dengan begitu, anak-anak bangsa pun akan semakin tergerak untuk ikut bersaing dalam menghasilkan inovasi yang lebih baik demi memajukan bangsa.
Semakin banyaknya inovasi yang dihasilkan, semakin banyak pula solusi-solusi yang dihasilkan untuk menghadapi setiap masalah. Dari sana, kita akan melihat bahwa bangsa kita bisa lebih produktif untuk menghasilkan alat-alat yang siap bersaing di pasar global. Itulah alasan yang saya rasa tak ada salahnya untuk dilakukan pemerintah. Toh langkah tersebut tidak terlalu sulit untuk dilakukan.
Sudahkah pemerintah melakukan langkah tersebut?
Kita tunggu jawabannya di Black Innovation Awards 2010.


Comments (0)

Posting Komentar

Find Your Future Here