BAIL OUT CENTURY

Posted by cupskadek.blogspot.com | Posted in | Posted on 03.03

Apa sih gunanya pansus? Kenapa juga mesti pake emosi untuk mengeluarkan sebuah pendapat? Emang apaan sih yang dibicarain dari rapat pansus itu? Apa sih bailout itu? Ada apa dengan Century? Kenapa presiden dan wakilnya juga disebut-sebut, apakah mereka benar-benar ikut terlibat?

Pertanyaan diatas memang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Dan sebagai artikel penunjang Djarum Black Blog Competition, pembahasan ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan sebuah inovasi, ataupun automotif. Tidak berkaitan pula dengan informatika dan komputer, sebagai dasar ilmu yang sedang saya geluti. Tapi sebagai warga negara yang baik, sebaiknya kita ikut memperhatikan juga apa yang sedang terjadi di pemerintahan kita. Itulah alasan mengapa saya tertarik untuk menjadikan kasus Century sebagai salah satu tema di artikel yang akan bertarung di Djarum Black Blog Competition ini.

Sudah tidak asing lagi di telinga kita, ketika kita mendengar kata “bailout”. Di setiap perbincangan di media massa yang membahas politik Indonesia, sudah pasti kata ini selalu muncul dan menjadi headlines, terlebih untuk dua bulan terakhir ini. Tapi dibalik itu semua, saya yakin hanya sedikit saja yang mengerti arti dari bailout itu sendiri. Berdasarkan keyakinan itu, kita mulai pembahasan ini dari kata bailout.

Bailout adalah kata benda yang berasal dari dua suku kata bail dan out. Bail berarti jaminan/pinjaman, sedangkan out adalah keluar. Jika diterjemahkan mungkin bisa berarti memberi jaminan/pinjaman atau mengeluarkan jaminan/pinjaman.
Bailout dalam istilah ekonomi dan keuangan digunakan untuk menjelaskan situasi dimana sebuah entitas yang bangkrut atau hampir bangkrut, seperti perusahaan atau sebuah bank diberikan suatu injeksi dana segar yang likuid, dalam rangka untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Seringkali bailout dilakukan oleh pihak pemerintah atau konsorsium beberapa investor yang akan meminta peran kendali pada entitas tersebut sebagai timbal balik untuk dana yang disuntikkan. Dikutip dari sumber: http://bowie71.multiply.com/journal/item/17/What_Kinda_Animal_Bailout_Is

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat saya asumsikan bahwa kasus Century ini adalah sebuah money politics, dimana ada pihak yang memberikan jaminan atau pinjaman, dan pihak yang diberi pinjaman. Pertanyaan selanjutnya adalah siapa yang memberi dan siapa yang diberi. Inilah yang sedang diusut oleh pansus, panitia yang dibentuk secara khusus dan langsung oleh presiden untuk menyelidiki kasus Century. Orang-orang yang tergabung dalam pansus ini terdiri dari perwakilan anggota fraksi dari tiap partai, baik itu koalisi ataupun oposisi. Nah inilah dasar-dasar mengapa pergolakan di dalam tubuh pansus ini berlangsung begitu panas dan ketat. Ada pihak yang mendukung pemerintah, ada pula yang menginginkan kasus ini tidak berpihak pada pemerintah, dalam artian “melawan pemerintah”.

Masih terngiang secara jelas kata-kata”bangsat” yang keluar dari mulut salah satu anggota pansus dari partai koalisi yang pro pemerintah. Kemudian ditanggapi dengan sangat emosi oleh ketua pansus saat itu, yang berasal dari partai oposisi yang melawan pemerintah. Bukankah itu gambaran yang buruk dari orang-orang yang seharusnya menjadi panutan rakyat, mewakili rakyat, berada di pihak rakyat. Meski pada akhirnya, pergolakan itu diakhiri dengan jabat tangan pertanda bahwa kasus “bangsat” itu tlah berakhir damai. Tetapi tetap saja asumsi rakyat terhadap mereka adalah buruk. Bahkan tak sedikit para kritikus yang sepertinya paham betul dengan ilmu perpolitikan menyebutkan bahwa itu hanyalah bagian dari politik untuk mengalihkan perhatian rakyat dari kasus yang “sebenarnya”. Dalam artian, cekcok yang terjadi di tubuh pansus, sudah menjadi skenario agar rakyat mengalihkan perhatiannya dari kasus Century. Kenapa mesti seperti ini? Apa yang dibahas dalam kasus Century, sampai-sampai harus ada skenario untuk mengalihkan pandangan rakyat?

Pertanyaan tersebut akan kita bahas di Bailout Century Jilid II.

Comments (0)

Posting Komentar

Find Your Future Here