THINK AGAIN BEFORE ACTION

Posted by cupskadek.blogspot.com | Posted in , | Posted on 03.48


Apa yang terfikir pertama kali dalam benak lu waktu ngeliat mobil salah satu juara autoblackthrough 2009 itu?
“gila, keren banget”,
“mantap gan, pengen dong!”,
“ah, bini gue lebih cakep daripada mobil ini”,
“kalo dijual, tuh mobil pasti mahal, ntar malem gua curi ah”.

Gua yakin, kagak bakalan ada tuh yang berfikiran bininya lebih cakep daripada mobil itu, pas pertama kali ngeliat mobil itu. Paling kata-kata itu muncul setelah lu baca artikel ini, bener ga?

Dan kalo lu termasuk orang yang ngucapin kalimat ke empat, gue cuman bisa kasih kesimpulan kalo lu termasuk orang yang pengen nyobain ruangan di hotel prodeo dengan cara yang ribet. Kenapa? Secara, mobil itu kan antik, jadi mau lu bawa kabur kemana juga, bakal diketemuin ama pihak berwajib entarnya. Entar elu mesti kejar-kejaran plus main petak umpet ama polisi, syukur kalo gak ketangkep, kalo ketangkep, masuk bui deh lu. Ribet kan, betul tidak?

Tapi, kata almarhum babeh gue, pemikiran yang baik tuh bukan seperti itu. Harusnya kata-kata yang muncul tuh kayak gini nih. “gimana caranya gua bisa dapetin apa yang kita mau, dengan cara yang halal”. Nah itu yang babeh gue bilang dulu waktu gua kecil.


Gue inget banget tuh pas dia nunjukkin robot punya anaknya paman. Kebetulan tuh robot antik banget dan gue suka. Kebetulan juga, robot itu lagi tergeletak tak bergerak di lantai, empunya robot lagi maen di depan rumah barengan kakak gue. Dari sana, gue coba ngartiin kata-kata babeh tadi. Tanpa fikir panjang, gue berjalan rapih dan melenggang dengan tenang menghampiri robot itu. Sejurus kemudian, anaknya paman si empunya robot dateng lagi tuh, mau ngambil robot itu. Gua ambil duluan aja, takut keburu di ambil ama si empunya robot. Tapi dalam hati gue udah nebak duluan, pasti entar si empunya robot minta robotnya di balikin. Bener apa yang gue bilang, pas dia dateng, dia langsung minta robotnya.

“yus, iki minta lagi robotnya boleh ga?”
“ya boleh dong ki, ini punya kamu juga kan?”
Dengan mata sambil melotot, gue kasihin lagi tuh robotnya. Tapi sejurus kemudian si iki, empunya robot ngasihin lagi tuh robot ke gue. Pasti dah pada tahu dong kenapa.
“eh, tapi kalo iyus mau pinjem dulu, gak apa-apa ko.” Tawarnya dengan wajah sangat memelas.

“kalo buat aku aja, gimana?” pintaku dengan pelototan yang makin tajam.
“erghhh…, aduh gimana yah yus, takut dimarahin si ayah nih?” jawabnya sambil tertunduk dan memalingkan wajahnya dari pandanganku, pertanda takut.
“oh, jadi ama aku nggak takut nih?” sambil mengepalkan tangan dan melotot tajam.
“ehhh…., bilangin ayah ah.”

Iki pun berlari menuju ayahnya. Sayang, larinya gak lebih cepet dari lari gue. Di tengah jalan ketangkep duluan deh. Masih penasaran kelanjutannya, nih gue kasih lagi kisahnya.

“Sok aja ngadu ke paman, tapi aku jamin, temen-temen bakal ngejauhin kamu ki.”
“Aduh, jangan gitu atuh yus. Ya udahlah, buat kamu aja.”

Sesaat setelah kejadian itu, aku pun tersenyum, dengan senyuman paling menyakitkan yang pernah si iki lihat selama hidupnya. dengan wajah yang sedikit di tekuk, Iki pun bergegas pergi menuju ayahnya, yang tak lain adalah pamanku.

Setelah kejadian itu pula, aku merasa hati ini gak tenang, ada perasaan sedih melihat iki kecewa dengan apa yang aku lakukan. Pokonya gak tenang deh. Dan sepertinya Tuhan menjawab kegelisahan gue. Sejurus kemudian, Babeh yang dari tadi cuman diem aja ngeliatin kita berdua, langsung nyamperin gue.

“Bukan seperti itu caranya buat dapetin apa yang kamu mau”
dengan sangat lembut dan sambil megangin pundak gue, ayah nyoba ngingetin gue, kalo apa yang gue lakukan itu salah. Tapi emang dasarnya udah jadi pengelak, sekalipun salah tetep aja gue ngelak, kayak koruptor-koruptor tuh.

“Tapi kan, ini halal yah?” jawabku dengan nada seyakin-yakinnya kalo yang gue lakuin bener. Padahal sekarang gue yakin seyakin-yakinnya , kalo yang gue lakuin emang salah.

“Meminta itu memang halal, yang jadi haram tuh, kamu nakut-nakutin iki. Gak boleh kayak gitu yah de. Ayo kembaliin lagi sana.” Jawabnya dengan sangat tenang.
“Tapi ade suka banget ama robot ini yah?” gue nyoba tetep megang argumen gue.
“Tetep gak boleh de, itu bukan punya ade. Coba sekarang ade lihat, robotnya juga nangis kan. Itu tandanya, robotnya sedih, karena diambil secara paksa ama ade. Tidak ada keikhlasan dari iki buat ngasih ini sama ade.”

“gak nangis ko yah?”

“coba ayah pegang” dasar anak kecil, mau aja di tipu ayahnya. Mau aja gue kena tipu si babeh.

“tuh nangis kan?” terlihat nangis, gara-gara si ayah ngebahasin mukanya si robot pake air liurnya. Dan bodohnya, waktu itu gue percaya aja, dan Cuma bilang,
“oh…”

Akhirnya gue balikin lagi tuh robot ke si iki. Agak-agak gak ikhlas sih buat balikin lagi ke si iki, tapi seneng juga bisa ngeliat si iki senyum lagi pas gue balikin robotnya.

Kesimpulannya, sesuatu yang kita dapatkan dengan cara yang salah, hanya akan membuat kita tersakiti. Tak ada kepuasaan dalam bathin ketika kita menghalalkan cara yang salah buat dapetin apa yang kita mau. Setiap hari lu bakal dibayangin ama ketakutan yang bakalan bikin hidup lu serasa gak ada artinya. Gak tahu mau dibawa kemana hidup lu entarnya.

Tapi semua kembali pada diri kita sendiri. Sebagai penulis gue cuman nyaranin buat berfikir dulu sebelum lu bertindak.
So , think again, before action.

Comments (0)

Posting Komentar

Find Your Future Here